READING DAY

Membaca adalah kegiatan meresepsi, menganalisis, dan menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis dalam media tulisan. Kegiatan membaca meliputi membaca nyaring dan membaca dalam hati. Membaca nyaring adalah kegiatan membaca yang dilakukan dengan cara membaca keras-keras di depan umum. Sedangkan kegiatan membaca dalam hati adalah kegiatan membaca dengan seksama yang dilakukan untuk mengerti dan memahami maksud atau tujuan penulis dalam media tertulis.

Para siswa sedang asyik membaca buku

Kerjasama SD Islam Mohammad Hatta dengan pihak penerbit Erlangga tidak hanya berupa pesanan buku untuk guru dan siswa, tetapi terdapat 1 kegiatan yang menarik dengan nama “Reading Day”. Kegiatan ini bertujuan untuk menarik siswa agar senang membaca. Di zaman yang serba digital ini kegiatan membaca dengan buku sudah jarang kita temui, karena kebanyakan yang kita baca saat ini ada gadget. Saat ini hampir semuanya dapat dilakukan dengan menggunakan gadget, termasuk membaca buku. Dibalik sifatnya yang praktis, ternyata membaca buku menggunakan gadget memiliki efek negatif bagi kesehatan. Bahaya apa yang mengancam dari membaca menggunakan gadget?

Ekspresi siswa saat membaca buku

Sebuah riset yang dilakukan oleh tim Harvard Medical School menemukan bahwa produksi hormon tidur menjadi berkurang akibat membaca e-book. Rasa lelah di keesokan harinya juga dapat terjadi karena efek cahaya biru dari gadget di malam hari. Diketakan pula oleh pimpinan penelitian, Profesor Charles Czeisler bahwa sebagian besar cahaya yang terpancar ke pembaca e-book langsung menuju ke mata. Sdangkan jika membaca dari buku, pembaca hanya terkena pantulan cahaya yang dipantulkan oleh buku.

Sebenernya hal yang perlu diperhatikan jika tidak ingin mendapat efek buruk membaca e-book adalah dengan pengendalian diri. Kita harus mengetahui batasan seberapa lama menatap layar gadget. Dan juga jangan melakukannya sebelum tidur. Semoga kita bisa menjaga anak-anak kita dan mengajaknya agar lebih senang membaca buku daripada gadget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *